Selasa, 27 November 2012

PELANGGAN

Pengertian dan Pengelompokan Pelanggan
a.Pengertian pelanggan

Pelanggan adalah seseorang yang membina hubungan baik dengan orang lain khususnya produsen dalam bidang usaha.
b.PENGLOMPOKAN PELANGAN
        Demi mempermudah pengidentifikasian pelanggan,lebih baik kita klasifikasi kan pelanggan sebagai seorang,organisasi atau pun instansi yang utuh,dan pada dasarnya semuanya mempunyai dua kebutuhan yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.Jenis kebutuhan yg di butuhkanya ber variasi tergantung situasi,kondisi,dan daya beli masing -masing.
Pada dasarnya ada dua jenis pelanggan yaitu pelanggan eksternal dan pelanggan internal.
1) Pelanggan eksternal
pelanggan eksternal adalah orang di luar industri yg menerima suatu produk (enduser).Pelanggan eksternal setiap industri jelas adalah masyarakat umum yang menerima produk industri tersebut.Beberapa hal yg di perlukan pelanggan eksternal
   (a).kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
   (b)harga yg kompetitif
   (c)kualitas dan reabilitas
   (d)pengiriman yg tepat waktu
   (e) pelayanan purna jual.
2).pelanggan internal
    pelanggamn internal adalah orang yg melakukan prises selanjutnya dari suatu pekerjaan (NEXT PROCESS)Pelanggan internal merupakan seluruh karyawan dari suatu industri.Yg di perlukan pelanggan internl adalah
    (a)kerja kelompok dan kerja sama
    (b)stuktur dan sistem yg eusien
    (c) pekerjaan yg berkualitas
    (d)pengiriman yg tepat waktu
Klasifikasi pelanggan yg lain adalah sbagai berikut
1) Pelanggan dari segi banyaknya
    a) Pelanggan induvidu
        pelanggan induvidu adalah pelanggan yg berbelanja untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan diri 
        sendiri.Ia berbelanja tidak atas keluarga,organisasi,atau orang lain.pelanggan induvidu ini mengharap
       kan kepuasan dalam produk yang di butuh kan.Setiap induvidu pada dasarnya mempunyai dua kebut
       uhan yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan            
       primer,kebutuhan sekunder,dan kebutuhan tersier namum berbeda dgn masing-masing induvidu
      Kebutuhan rohani adalah kebutuhan kepuasan,misalnya dari segi pelayan dan mutu barang yg di beli.
b)Pelanggan Family
     Pelanggan famili adalah pelanggan yg berbelanja atas nama keluarga sekalipun pembeliannya di laku
     kan oleh seorang yg mewakili nya.Pelanggan famili akan lebih banyak melakukan volume pembelian
     atau lebih banyak memberikan peluang terhadap penjual.
c)Pelanggan organisasi
      pelanggan organisasi adalah pelanggan yg melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan organisasi
      sekalipun pembelianya di wakil kan pada seseorang.Untuk itu kita sebagai penjual sudah dapat
     memastikan peluang-peluang volume pembelian organisasi tersebut apakah kebutuhan mingguan,
     kebutuhan bulanan,atau kebutuhan tahunan.
2)Pelanggan dari segi usia
    Pelanggan bila di tinjau dari segi usia sangatlah beragam.semakin bertambah usia seseorang,semakin lebih
    banyak lagi kebutuhan yg di perlukan nya.
3)Pelanggan dari segi jenis kelamin
    pelanggan bila di tinjau dari segi jenis kelamin pada umumnya terdiri dari laki-laki dan perempuan.
    Bila di tinjau dari segi perkembangan populasi penduduk,pebandingan antara kaum laki-laki dan
   perempuan lebih banyak perempuan,dan hal itu menunjukkan target pasar pada perempuan lebih
    banyak yaitu lebih potensial.
4)Pelanggan dari segi pendapatan
    pelanggan bila di tinjau dari segi pendapatan umumnya untuk ukuran penduduk indonesia terbagi menjadi
    tiga,yaitu penduduk berpendapatan tinggi,penduduk berpendapatan menengah,dan penduduk
    berpendapatan rendah.
5)Pelanggan dari segi pendidikan
   pelanggan bila ditinjau dari segi tingkatan pendidikan sangatlah beragam dan hal itu sangat lah beragam
    dan hal itu sangat di pengaruhi oleh perbedaan selera masing-masing.
6)Pelanggan dari segi waktu pembelian
   pelanggan yg di tinjau dari segi waktu pembelian sangat bervariasi karena tergantung pd saat yg di butuh kan.